Minggu, 31 Maret 2013

manfaat senam aerobic

Pengertian dan manfaat Senam Aerobik Salah satu cara pemeliharaan kesegaran jasmani dengan melakukan senam aerobik karena dapat merangsang aktifitas kerjajantung untuk melakukan perubahan yang menguntungkan dalam tubuh seseorang yang melaksanakannya. Hal ini merupakan usaha preventif/pencegahan tujuannya untuk meningkatkan jumlah interaksi oksigen yang diproses di dalam tubuh dalam waktu tertentu. Pelopor senam aerobik adalah Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960. Ia menemukan konsep ritme musik dan gerakan yang teratur, sehingga tubuhdapat memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung. Aerobik dalam arti sesungguhnya adalah suatu kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya, sehingga bertanggung jawab untuk transportasi lebih banyak oksigen, dengan kata lain latihan ini dilakukan dalam keadaan yang tenang. 1. Macam-macam senam aerobik Dengan menggunakan musik sebagai pengiring senam aerobik dapat dibagi menjadi lima macam antara lain sebagai berikut. Aerobik sport (Aerobik Keras) Discoaerobik Rockaerobik Low Impact aerobik Flight Impact Aerobik 2. Manfaat senam aerobik Manfaat senam aerobik adalah sebagai berikut : Untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru serta membakar lemak yang berlebihan di tubuh karenaaktifitas gerak untuk menguatkan dan membentuk otot dan beberapa bagian tubuh lainnya, seperti: Pinggang, Paha, Pinggul, Perut dan lain-lain. Meningkatkan kelentukan, keseimbangan koordinasi, kelincahan, dayatahan dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan atau olah ragalainnya. Bila seseorang mempunyai motivasi untuk berlatih rutin dapat merupakan suatu program penurunan berat badan.

7 komentar:

  1. Salam kenal Sis
    dari kesekian banyak manfaat bersenam aerobik, yang paling dirasakan manfaatnya itu apa ya Sis?
    dan klo ada info tempat yg menyediakan baju senam murah yang berkualitas mhon infonya ya? tq :)

    BalasHapus
  2. malam Broooo
    dengan mengikuti senam aerobic secara rutin itu bisa menurunkan berat badan berapa kg ya dlm 1 minggu?
    dan untuk baju senam aerobic yang bagus itu merk apa ya?
    moga makin sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk dapat menurunkan berat badan mmg pilihan yg tepat dlm berolahraga adalah aktifitas aerobik yg terprogram. dmn frekwensi latihannya 3 sd 5 kali dlm seminggu....sedangkan utk mencapai prestasi penurunan berat badan tidaklah boleh turun secara drastis melainkan hrs bertahap. Dalam tahapan tersebut dapat turun berat badan 3 kg dalam sebulan . jika anda melakukan diet memang memungkinkan turun berat badan banyak, namun disini yg hrs ditekankan berkonsultasilah kpd dokter gizi supaya mendapatkan cara diet yg tepat sesuai dgn kondisi badan anda...agar supaya tdk mengganggu metabolisme tubuh anda....Sedangkan untuk memilih baju senam yg baik adalah bukanlah merk nya yg ditinjolkan. namun pilihlah baju senam yg memungkinkan anda leluasa dalam melakukan gerakan senam.

      Hapus
  3. salam kenal sis,
    apa sih manfaat senam aerobic selain cara pemeliharaan kesegaran jasmani ???
    dan infonya ya sis tentang baju senam wanita khusus Crystal di daerah Surabaya dan sekitarnya
    Trims :)

    BalasHapus
  4. Salam Kenal ya gan...
    Artikelnya Keren nih..
    Mau nanya nih... Untuk Mendapatkan Hasil yg Max dari senam Aerobic ini minimal kita lakukan senam ini berapa menit setiap hari? lalu ada ga kriteria baju senam terbaru yang baik untuk senam aerobik?
    Kami tunggu jawabannya ya gan... :) dan Moga Sukses

    BalasHapus
  5. semangat pagi...
    senam aerobik sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kebugaran, apalagi kalau saat senam memakai baju senam crystal, yang nyaman.. pasti akan lebih menyenangkan..

    BalasHapus
  6. Salam kenal admin,,

    Artikel yang sangat bemanfaat sekali... Kalu boleh tau ni... Apakah ada waktu khusus yang baik untuk melakukan pemanasan? Dan ada yang tau soal info grosir baju senam di surabaya?

    Thanks buat jawabannya ya? :)

    BalasHapus